Pengukuran, penilaian, dan evaluasi adalah tiga konsep yang sering digunakan dalam bidang pendidikan dan pelatihan untuk mengukur dan menilai hasil belajar dan kinerja. Berikut penjelasan dan contohnya:

Pengukuran (Measurement)

Pengertian:
Pengukuran adalah proses mengumpulkan data kuantitatif mengenai suatu atribut atau variabel. Dalam konteks pendidikan, pengukuran biasanya melibatkan penggunaan tes atau instrumen lain untuk mendapatkan skor atau angka yang menggambarkan kemampuan atau prestasi siswa.

Contoh:
Seorang guru memberikan tes matematika kepada siswa untuk mengukur seberapa banyak siswa memahami materi yang telah diajarkan. Hasil tes ini memberikan data kuantitatif berupa skor, misalnya 80 dari 100.

Penilaian (Assessment)

Pengertian:
Penilaian adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk memahami kinerja atau kemajuan belajar siswa. Penilaian bisa bersifat kuantitatif (berupa angka) maupun kualitatif (berupa deskripsi atau feedback).

Contoh:
Guru menggunakan tes, observasi, dan tugas proyek untuk menilai pemahaman siswa terhadap suatu topik. Selain memberikan skor dari tes, guru juga memberikan feedback tertulis mengenai kekuatan dan kelemahan siswa dalam menyelesaikan proyek.

Evaluasi (Evaluation)

Pengertian:
Evaluasi adalah proses membuat keputusan atau menilai kualitas, efektifitas, dan nilai dari suatu program atau kegiatan berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan melalui pengukuran dan penilaian. Evaluasi seringkali lebih holistik dan digunakan untuk menentukan apakah tujuan pembelajaran telah tercapai.

Contoh:
Setelah satu semester, sekolah melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran matematika. Data dari tes, tugas proyek, dan observasi guru dikumpulkan dan dianalisis untuk menentukan apakah program tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Hasil evaluasi digunakan untuk memutuskan apakah ada perubahan yang perlu dilakukan dalam kurikulum atau metode pengajaran.

Daftar Pustaka:

  1. Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains, NY: Pearson Education.
  3. Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students (6th ed.). Boston: Pearson.
  4. Popham, W. J. (2008). Transformative Assessment. Alexandria, VA: ASCD.
  5. Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *